APTA MEWISUDA 41 ORANG MAHASISWA PADA TAHUN 2014

Penulis : Administrator
Tanggal :23 Agustus 2017

Kami laporkan bahwa wisuda tahun 2014 ini diikuti sebanyak 41 mahasiswa yang terdiri dari 29 orang laki-laki dan 12 orang perempuan angkatan kesemuanya angkatan 2011. Dari ke 41 mahasiswa tersebut terdapat 11 orang wisudawan/wati yang memperoleh predikat Cumlaude, sedangkan wisudawan dengan Indeks Prestasi tertinggi yaitu 3,92 yang diraih oleh saudari Rr. Rifka Fany Amrina, seperti dikatakan oleh Dra. Sri Yuwantiningsih, M.Si sebagai ketua penyelenggara wisuda APTA 2014. Sedangkan direktur APTA mengatakan "ada tiga alternatif untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh yaitu pertama langsung mengisi pasar kerja, kedua menciptakan pasar kerja (wirausaha), ketiga meningkatkan kompetensi diri lewat studi lanjut sebelum masuk pasar kerja. Dalam era globalisasi saat ini penuh dengan tantangan dan peluang terlebih di bidang pertanian misalnya saja dalam bidang pemasaran menjadi peluang apabila mampu bersaing terlebih semakin meningkatnya jaringan komunikasi dan fasilitas internet, akan tetapi di bidang produksi banyak tantangan karena alih fungsi lahan, anomali iklim yang ekstrim, dll. Oleh sebab itu ketiga peran alternatif tersebut membutuhkan sikap tatag yaitu tidak gentar dan selalu siap melakukan tugas, teteg berarti kokoh yaitu punya prinsip, tangguh artinya mempunyai karakter kuat, tanggon yaitu memiliki kompetensi yang bisa diandalkan, tanggap adalah respon terhadap lingkungan,tutug yaitu sampai pada tujuan. Ajaran Jawa tersebut perlu diresapi dan diamalkan sebagai bekal  untuk menjadi orang yang sukses".

Sedangkan Pembina Yayasan Widya Taruna Bhakti Yogyakarta dalam sambutannya berpesan:

  1. Resapi betul arti dari sumpah/janji yang saudara ucapkan, serta laksanakan sebaik-baiknya, karena setiap ucapan dari sumpah/janji membawa konsekuensi logis dari tuntutan agama maupun sebagai anggota masyarakat yang harus dipatuhi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai bangsa yang beradab.
  2. Selalu berupaya untuk meningkatkan diri guna menambah ilmu pengetahuan dan teknologi maupun ketrampilan dalam bidang masing-masing dan jadilah penggerak peran serta masyarakat pada pembangunan pertanian.
  3. Memahami arti tanggung jawab, kewajiban, hak, dan wewenang serta mempunyai ketrampilan yang dinamis dalam melaksanakan upaya-upaya di bidang pertanian secara terpadu untuk mewujudkan derajat masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dalam acara itu juga Nana Widiatmanta, A.Md selaku wakil alumni dalam sambutannya mengatakan "sebagai ahli madya bidang pertanian janganlah merasa pesimis, banyak sekali peluang yang dapat diakses untuk alumni dari Akademi ini, pengalaman berusaha nantinya akan semakin terasa apabila kita tidak hanya menunggu peluang, tetapi kita sendiri yang harus menciptakan peluang-peluang tersebut". 

Rifka yang merupakan wisudawan terbaik dengan indeks prestasi 3,92 berujar "Sejarah yang kita ukir dengan menyandang gelar sebagai mahasiswa, sebentar akan segera usai. Sebuah perjalanan hebat dalam mencari ilmu yang patut kita banggakan. Kanvas kehidupan yang telah tergores penuh warna suka, cinta, dengki, dan amarah ini tetap harus kita syukuri. Jangan pernah merasa menyesal, karena begitulah cara Allah mengajari kita. Hidup itu tidak lama, dengan setiap tahapnya berlalu singkat"

PROFICIAT BUAT WISUDAWAN WISUDAWATI APTA TAHUN 2014